Lompat ke isi utama

Berita

Seleksi Wawancara Calon PPK Pilkada 2024, Yogi : Gali rekam jejak pendaftar dengan teliti

Pengawasan ppk

Pengawasan PPK Pilkada 2024

Kota Batu (kotabatu.bawaslu.go.id) Bawaslu Kota Batu melakukan pengawasan melekat terhadap proses seleksi Wawancara Calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pemilihan Kepala Daerah 2024. 

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kota Batu, Yogi Eka Chalid Farobi, S.Sos memastikan langsung proses wawancara yang digelar oleh KPU Kota Batu, di The Onsen Hotel Kota Batu. (11/5/2024).

"Proses seleksi ini rentan adanya calon yang tidak independen. Mungkin saja ada pernah menjadi pengurus atau anggota Parpol sebelumya. Kami imbau dalam wawancara KPU teliti dan menggali rekam jejak calon PPK pada Pilkada 2024," ujarnya. 

Ppk 2024

Yogi menambahkan,  bahwa KPU juga harus belajar dari pengalaman rekrutmen Badan Ad-Hoc pada Pemilu 2024, yang mana hasil temuan Bawaslu menyatakan bahwa terdapat Penyelenggara struktural KPU yang terindikasi sebagai Anggota Partai Politik. 

"Memang KPU terbatas dalam hal memverifikasi berkas pendaftar PPK secara Faktual. Kami menekankan agar proses wawancara yang harus dimanfaatkan dengan baik, sesuai regulasinya. Tidak boleh pendaftar sebelumnya menjadi Caleg atau Pengurus Partai Politik," pungkasnya. 

Penulis : Luthfi

Foto : Didit

Editor : Humas

Tag
#bawaslu #bawaslujatim #bawaslukotabatu #kotabatu #ayoawasi #cegah #awasi #tindak