Lompat ke isi utama

Berita

Pemilu 2024, Bawaslu Kota Batu adakan Pelatihan Saksi Partai Politik

sesi kedua acara pelatihan saksi oleh pembicara dan moderator

Narasumber Bapak Fajar Santosa, S.H., M.H bersama Moderator Luthfi Kamaludin S.H Staf Bawaslu Kota Batu saat sesi penyampaian materi kedua

Kota Batu, (kotabatu.bawaslu.go.id) kini mengadakan kegiatan Training of Trainer “Pelatihan Saksi Partai Politik Tingkat Kota Batu” yang diselenggarakan sebagai bentuk upaya dalam memberikan pengetahuan dan pemahamanan kepada pihak-pihak yang akan menjadi saksi dalam jalannya Pemilu tahun 2024. Kegiatan tersebut berada dibawah nauangan Bawaslu Kota Batu yang memiliki peran penting dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu di Kota Batu dan diikuti oleh saksi dari berbagai partai politik. (5/2/2024)

Pelatihan dilaksanakan pada hari ini yang bertempat di Golden Tulip Hotel Kota Batu. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Supriyanto, S. Pd. selaku Ketua Bawaslu Kota Batu. Kegiatan dilakukan dalam dua sesi yaitu sesi pertama adalah pemberian materi oleh M. Fajar Shodiq mengenai Penguatan Peran Saksi dalam Pemilu dengan tema yang di usung adalah “Urgensi, Tupoksi, Hak dan Kewajiban”. Dalam materinya, ia menjelaskan mengenai nilai-nilai dasar saksi pemilu, standar kompetensi saksi peserta pemilu, tugas-tugas saksi pemilu, larangan bagi saksi pemilu, hambatan serta tantangan sebagai saksi pemilu.

“Loyalitas saksi itu kepada partai sehingga menempatkan saksi pemilu dalam konteks yang lebih besar dalam demokrasi. Saksi dibekali dengan pemahaman-pemahaman tentang regulasi.” Ujar M. Fajar Shodiq.

Setelah pelaksanaan sesi pertama dilanjutkan dengan sesi dua tentang Pemetaan Kerawananan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024 oleh Narasumber Bapak Fajar Santosa, S.H., M.H. dengan antusias peserta berdiskusi yang lebih menarik.

Kegiatan ditutup dengan simulasi menciptakan instrument dalam rangka mengefektifkan kerja-kerja persaksian dengan harapan saksi yang ditunjuk oleh Partai Politik nantinya dapat melaksanakan kerja secara terukur dari awal hingga akhir.

 

Penulis : Taufan A

Foto : Didit

Editor : Humas

Tag
#bawaslu #bawaslujatim #bawaslukotabatu #kotabatu #ayoawasi #cegah #awasi #tindak