Lompat ke isi utama

Berita

Komitmen wujudkan lembaga Publik Informatif, Bawaslu se - Jawa Timur ikuti bimtek pengisian Self Assessment Questionnaire (SAQ)

Dokumentasi Bimtek

Kab Banyuwangi (kotabatu.bawaslu.go.id) Bawaslu Kota Batu mengikuti kegiatan Rapat sosialisasi instrumen monev dan bimbingan teknis pengisian Self Assessment Questionnaire (SAQ), yang digelar oleh Bawaslu Jawa Timur di Kantor Bawaslu Kabupaten Banyuwangi. (6/7/2024)

Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat dan Data Informasi Bawaslu Jawa Timur, Dwi Endah Prasetyowati mengatakan, Bawaslu Jawa Timur berkomitmen menjadikan Lembaga Publik Informatif. Hal tersebut diharapkan, didukung komitmen Bawaslu Kabupaten/Kota dalam meningkatkan pelayanan Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

"Kita akan dimonitoring langsung oleh Bawaslu RI dalam upaya peningkatan Lembaga Publik Informatif. SAQ merupakan tolak ukur mewujudkan itu. Maka kita harapkan semua mendukung capaian itu, " kata Endah.

"Mengutip hasil rapat kami dengan Komisi Informasi (KI) Jawa Timur,  bahwa PPID yang ada di lembaga penyelenggara pemilu, dari masa ke masa sudah menjadi lebih baik. Kita harus konsisten, karena itu bisa menjadi pujian dan juga bisa menjadi beban bagi Lembaga Bawaslu," jelasnya.

Endah menegaskan bahwa, sukses atau tidaknya pengelolaan lembaga dalam keterbukaan informasi publik tergantung pengelola lembaga itu sendiri. Untuk itu dia berharap , Bawaslu Kabupaten/Kota memiliki motivasi mewujudkan lembaga publik yang informatif. Informasi publik kepada masyarakat demi mencerdaskan masyarakat.

“Semoga dengan adanya evaluasi, seluruh Bawaslu Kabupaten/Kota di Jawa Timur bisa menjadikan PPID yang Informatif, agar masyarakat dapat menyerap informasi yang baik," ujarnya.

Sementara itu, Tim Pusdatin Bawaslu RI, Sahat Erwin Gamayel mengatakan, keterbukaan Informasi Publik sangat penting bagi lembaga publik, karena sejatinya merupakan tuntutan masyarakat untuk memperoleh informasi publik.

“Kami akan secara berkelanjutan menilai/monitoring sejauh mana kesiapan Bawaslu Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan evaluasi mendatang. Evaluasi ini penting untuk mengukur sejauh mana progres perkembangannya” tandasnya. 

Penulis : Riana

Foto : Luthfi dan Imam

Editor : Humas