Lompat ke isi utama

Berita

Pastikan Hak Pilih Warga Kota Batu, Bawaslu Kota Batu dan Bawaslu Provinsi Jawa Timur Gelar Patroli Kawal Hak Pilih

Patroli Kawal Hak Pilih di desa Pendem Komplek Arhanud

Kota Batu — Bawaslu Kota Batu bersama Bawaslu Provinsi Jawa Timur telah melaksanakan patroli kawal hak pilih untuk memastikan kelancaran proses Pencoklitan di wilayah tersebut. Patroli ini dipimpin langsung oleh Anggota Bawaslu Kota Batu Yogi Eka Chalid Farobi dan Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Timur Eka Rahmawati (13/07/2024)

Tim Patroli Kawal Hak Pilih melakukan kunjungan ke beberapa lokasi strategis untuk menindak lanjuti temuan berdasarkan hasil pengawasan yang dilakukan oleh Panwascam yang berada di Desa Pendem yang terletak di komplek Arhanud, Desa Junrejo di komplek Assunah, serta Desa Pesanggrahan. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan hak pilih warga terjaga dengan baik.

Selama patroli, Bawaslu Kota Batu dan Bawaslu Provinsi Jawa Timur melakukan Pengawasan secara langsung dengan mendatangi rumah warga ( door to door ) untuk memastikan bawasannya pantarlih telah melakukan Coklit. Bawaslu juga memberikan arahan terkait mekanisme pencoklitan yang benar dan memastikan bawasannya Pantarlih melakukan pencoklitan sesuai dengan prosedur.

Patroli Kawal Hak Pilih

Yogi Eka Chalid Farobi menambahkan, "Pengawasan ini penting untuk mencegah potensi masalah dan memastikan kepercayaan publik terhadap proses Pencoklitan. Kami akan terus bekerja keras untuk mendukung pelaksanaan Pemilihan yang demokratis dan adil." Eka Rahmawati menambahkan, “Segala hasil pengawasan harus dituangkan didalam FORM A dan ditulis dengan apa adanya berdasarkan fakta yang ada untuk kemudian dijadikan bahan saran perbaikan”

Dengan adanya patroli ini, diharapkan semua tahapan pemilihan dapat berlangsung dengan baik dan tidak ada hambatan yang mengganggu hak pilih masyarakat. Bawaslu Kota Batu dan Bawaslu Provinsi Jawa Timur berkomitmen untuk terus memantau dan memastikan setiap tahapan pemilihan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Penulis : Imam
Editor : Humas