Lompat ke isi utama

Berita

Mengenal Afwun Shiddiq, Mahasiswa UMM yang mencetuskan E-Guestbook Bawaslu Kota Batu

Kota Batu (kotabatu.bawaslu.go.id) Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang mengikuti program Magang di Kantor Bawaslu Kota Batu, membuat inovasi karya berupa Buku Tamu Digital (E-Guestbook) untuk Bawaslu Kota Batu.

Dia adalah Afwun Shiddiq Muhsinin, Mahasiswa dari Program Studi Teknik Informatika UMM, Angkatan 2017 yang notabenya berasal dari Kabupaten Nganjuk.

Afwun mencetuskan ide E-Guestbook sebagai tawaran, agar di Zaman serba Digital ini, Bawaslu Kota Batu juga lebih Update, terutama perihal pengarsiapan, sehingga akan lebih praktis, aman dan kekinian.

Dikutip, dalam kesempatan mempresentasikan Aplikasi E-Guestbook dihadapan Ketua Bawaslu Kota Batu, Afwun menjelaskan latarbelakang pembuatan karyanya tersebut, yakni berangkat dari kondisi di Kantor Bawaslu Kota Batu, yang masih menggunakan cara manual dalam penerapan pembukuan Absensi Tamu.

"Selama ini Tamu yang berkunjung ke Kantor Bawaslu Kota Batu, dalam mengisi buku Tamu masih bersifat manual pencatatannya, ini kan rentan rusak secara kearsipan, maka saya pikir dibuat digital lebih menarik," Jelas Afwun.

Perlu diketahui, kelebihan Aplikasi yang dicetuskan Afwun ini, memakai tekhnik Gmain Computer, dengan spek Aplikasi terupdate, yakni Sublime text-3 2019 untuk menyambungkan ke Google serta exampp ke-3 2017 dengan php My Admin untuk melakukan Log-in.

Sementara itu kepada Media, Ketua Bawaslu Kota Batu mengatakan sangat mengapresiasi karya kreatif tersebut, walaupun secara pengembangan masih perlu penyempurnaan.

“Aplikasi yang tawarkan ini memang sangat kreatif namun, masih bersifat stand-alone artinya, hanya di Perangkat Komputer saja bisa dioperasikan.Kami ingin nantinya bisa dioperasikan melalui Gadget dan dikoneksikan secara Online, agar lebih sempurna dan mudah," Tandasnya.(31/1/2021)

Dirinya menyarankan penambahan fitur pada Aplikasi tersebut, berupa pencantuman Foto Tamu, saat melakukan Registrasi, maupun Absensi saat berkunjung ke Kantor Bawaslu Kota Batu.

Rochman berharap pengembangan fitur pada Aplikasi tersebut segera dilaksanakan, sehingga pada Tahun 2021, bisa diterapkan.

"Sambil lalu menunggu perbaikan fitur, saya akan melakukan koordinasi dengan Divisi terkait untuk pengelolaannya, serta akan melaunching Aplikasi ini, agar segera bisa digunakan di Kantor Bawaslu Kota Batu," Tutup Rochman. (ARB/LK)

Tag
Berita