Lompat ke isi utama

Berita

Lakukan 2 Kali Mediasi Sengketa Proses Pemilu Bawaslu Kota Batu Memperoleh Apresiasi dari Bawaslu Jawa Timur.

Bawaslu Kota batu menghadiri acara rakor review laporan penyelesaian sengketa yang di selenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Jawa Timur pada senin - rabu (11/13/2019) di Hotel 101 Kota malang Jawa Timur.

Kegiatan yang di ikuti oleh Bawaslu Kab/Kota Se Jawa Timur ini merupakan serangkaian dari kegiatan evaluasi dan tindak lanjut laporan penyelesaian sengketa yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh Divisi Sengketa Bawaslu provinsi Jawa Timur.

Mengawali Pembukaan Rakor Totok Hariono SH selaku Koordinator Divisi Sengketa Bawaslu Provinsi Jawa Timur menyampaikan bahwa selain melakukan review laporan penyelesaian sengketa, kegiatan ini juga sebagai Momentum pembenahan administrasi Pelaporan sengketa bagi Bawaslu Kab/Kota di Jawa Timur, terlebih bagi 19 Kab/Kota yang akan menyelenggarakan pengawasan pilkada 2020.
mengingat,potensi terjadinya sengketa sangat tinggi untuk itu kita harus persiapkan semaksimal mungkin agar kita mampu menjalankan tugas dengan sebaik- baiknya.

Kegiatan yang dilangsungkan selama 3 hari ini fokus agendanya evaluasi sekaligus dan menganalisis potensi terjadinya sengketa pada pelaksanaan umum ( Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada).

Disela- sela kegiatan, Kordiv Hukum, penindakan pelanggaran dan penyelesaian sengketa Bawaslu Kota Batu Supriyanto S.Pd menyampaikan bahwa sengketa proses pemilu memang rentan terjadi pada Pemilihan Umum, di Kota Batu pada Pemilu 2019 ada 2 (dua) sengketa yang diselesaikan dengan Proses Mediasi.

Supri menambahkan bahwa dalam penanganan proses sengketa Pemilihan Umum masih banyak kelemahan terutama dalam hal aturan serta kekurangan dan fasilitas penunjang sarana dan pra sarana sehingga perlu untuk di perbaiki kedepannya.

Kegiatan ini di tutup dengan pemaparan hasil diskusi kelompok analisis potensi terjadinya sengketa pemilihan umum dan di akhiri mengumandangkan lagu "Bagimu negeri " yang di pimpin langsung oleh Kordiv Sengketa Bawaslu Provinsi Jawa Timur. (LK)

Tag
Berita