Lompat ke isi utama

Berita

Ketua Bawaslu Jawa Timur Hadiri Peresmian Rumah Pintar Pemilu (RPP) Nasional di Kota Batu

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesi (KPU RI) punya gawe di Kota Batu. Bertempat di Wahana Wisata Jawa Timur Park Satu (JTP I), Jumat (24/1), Ketua KPU RI Arief Budiman meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Nasional bertajuk Wisata Demokrasi. RPP Nasional merupakan pusat edukasi (pembelajaran) tentang kepemiluan dan demokrasi yang didirikan oleh KPU RI. Turut hadir dalam persemian, Sekjen KPU RI Arif Rahman Hakim, Perwakilan Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) RI, Ketua dan anggota KPU Jawa Timur, Ketua Bawaslu Jawa Timur Moh Amin, Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Batu serta Ketua KPU Kab/Kota Se Jawa Timur. Wakil Walikota H. Punjul Santoso dan Forkompimda Kota Batu, Pimpinan Partai Politik, MUI, dan Perwakilan Pelajar SMA/MA/SMK turut terundang pula dalam giat peresmian RPP Nasional tersebut.

RPP Nasional Wisata Demokrasi yang berdiri di JTP 1 Kota Batu adalah RPP Nasional ke III setelah RPP Nasional di Kantor KPU RI Jalan Imam Bonjol Jakarta dan Taman Pintar Malioboro Yogyakarta. Upaya untuk meningkatkan pengetahuan pemilu kepada masyarakat, terutama anak-anak dan pemuda, menjadi latar belakang dipilihnya JTP 1 Kota Batu sebagai salah satu lokus pendirian RPP Nasional. Sebelum resmi dibuka, RPP Nasional yang dikelola oleh KPU Kota Batu ini, sudah dikunjungi sebanyak 13.000 orang. Realita ini cukup meyakinkan bagi Ketua KPU RI untuk membuka RPP Nasional di tempat-tempat wisata strategis lainnya.

Penandatanganan naskah kerjasama antara KPU RI dan Jatim Park Group pun dilakukan di akhir acara guna mempererat kemitraan antara institusi pemerintah dan swasta. Perlu diketahui, ide pendirian Wisata Demokrasi merupakan gagasan brillian yang berasal dari Walikota periode 2012 – 2017, Eddy Rumpoko. Eddy menginginkan pembelajaran demokrasi menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Batu yang pengelolaannya dilakukan bersama oleh KPU dan Bawaslu Kota Batu. Perlahan cita-cita suami Dewanti Rumpoko tersebut mulai terwujud dengan diresmikannya RPP Nasional di JTP 1 sekarang ini.

Ketua Bawaslu Jawa Timur, Moh. Amin, mengapresiasi pendirian RPP Nasional Wisata Demokrasi di Kota Batu. Moh. Amin berpendapat wahana pembelajaran tentang kepemiluan ini kedepan dapat turut meningkatkan pengawasan partisipatif, mengingat pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang pemilu akan lebih baik sehingga diharapkan muncul kesadaran untuk turut serta menegakkan keadilan pemilu.

Tag
Berita