Lompat ke isi utama

Berita

Hadapi Pilkada, Bawaslu RI Gelar Rapat Koordinasi Penanganan Pelanggaran

1 cover brita jogja

Bawaslu Kota Batu Ikut serta aktif pada Koordinasi Strategi Penanganan Pelanggaran Pemilihan Wilayah Jawa-Kalimantan

Jogjakarta, (kotabatu.bawaslu.go.id). Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia ( Bawaslu RI ) terus melakukan penguatan kapasitas bagi jajaran Pengawas Pemilu di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024. (11/07/2024) 
Kali ini, Bawaslu RI menyelenggarakan “Rapat Kerja Strategi Penanganan Pelanggaran Pemilihan Wilayah Jawa-Kalimantan” yang bertempat di Hotel Grand Mercure Yogyakarta. Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari yakni mulai tanggal 9 Juli hingga 12 Juli 2024. Bawaslu RI memberikan serangkaian pelatihan kepada Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota di wilayah Jawa dan Kalimantan. Guna memandu pelatihan tersebut, Bawaslu RI menghadirkan 7 (tujuh) orang narasumber yang kompeten dalam bidang penanganan pelanggaran dan turut menugaskan fasilitator yang berasal dari biro Penanganan Pelanggaran Bawaslu RI untuk mendampingi narasumber.

2 panel jogja


Rangkaian pelatihan tersebut dibagi ke dalam 3 modul yakni Pengisian soal terkait penanganan pelanggaran; Teknis Penanganan Pelanggaran Pemilihan Berdasarkan Peraturan Bawaslu Nomor 8 Tahun 2024; dan Teknis Pelanggaran Administrasi Pemilihan Yang Terjadi Secara Terstruktur, Sistematis, dan Masif (TSM). Dalam kegiatan tersebut, peserta juga diminta untuk mempraktikkan cara pengisian Formulir Penanganan Pelanggaran sebagaimana pada Perbawaslu Nomor 8 Tahun 2020 tang terdiri dari formulir penerimaan laporan, formulir kajian awal, berita acara klarifikasi, dan formulir kajian akhir penanganan pelanggaran.
Pada kegiatan tersebut Bawaslu Kota Batu hadir dan aktif dalam kegiatan tersebut yang diwakili oleh Mardiono, S.H.I., M.H selaku Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa serta 1 orang staf Sekretariat pada subbagian Hukum, Penanganan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa.

3 panel jogja


 

Penulis : Ashari

Foto dan Editor : Humas

Tag
#bawaslu #bawaslujatim #bawaslukotabatu #kotabatu #ayoawasi #cegah #awasi #tindak