Lompat ke isi utama

Berita

Forum Literasi politik Kemendagri, Yogi : perempuan harus berdaya di Pemilu 2024

Kota Batu (kotabatu.bawaslu.go.id) Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kota Batu, Yogi Eka Chalid Farobi,S.Sos menuturkan agar Perempuan di Kota Batu menjadi inisiator penggerak terwujudnya Pemilihan Umum yang bersih dan transparan, sehingga dapat terwujud pemimpin yang mampu membawa perubahan dan kemajuan bagi daerah.

Menurutnya, salah satu indikator keberhasilan  agar terwujud Pemilu sesuai dengan amanat konstitusi yaitu, keterlibatan perempuan secara aktif dalam pengawasan dan partisipasi pemilih.

"Bahwa mengutip rilis Komnas HAM, Perempuan merupakan salah satu, diantara 17 kategori kelompok rentan, sehingga pada konteks ini ingin saya tegaskan, Perempuan harus berdaya pada Pemilu 2024," ujarnya, dikutip Media Bawaslu Kota Batu saat forum literasi politik Kemendagri, di Kota Batu. (18/9/2023)

"Berdaya berarti turut serta menjadi pelopor dalam pencegahan pelanggaran pemilu dan terlibat menjadi bagian pengawas partisipatif, juga terpenting, mendukung partisipasi warga dalam memilih pada Pemilu 2024," kata dia.

Selain itu, Yogi menjelaskan bahwa dengan dikategorikannya Perempuan sebagai Kelompok Pemilih rentan dalam Pemilu 2024, setidaknya terdapat dua rekomendasi Komnas HAM RI kepada Bawaslu, diantaranya :

Pertama, melakukan pengawasan atas setiap tahap pelaksanaan pemilu secara transparan dan partisipatif dengan membuka partisipasi berbagai kelompok masyarakat dan organisasi masyarakat sipil.

Rekomendasi kedua, melakukan pengawasan lebih intensif di wilayah-wilayah rawan seperti kawasan pertambangan, perkebunan, pabrik, dan wilayah perbatasan dengan negara lain.

"Kami ingin kita bergerak bersama dalam bingkai pengawasan partisipatif, mari sukseskan pengawasan Pemilu serentak 2024," pungkasnya. (Luthfi)

Tag
Berita
Lainnya
Publikasi