Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Provinsi Jawa Timur Gelar Koordinasi Persiapan Pengawasan pada Tahapan Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih pada Pemilihan 2024

Foto Rakor

Bawaslu Kota Batu ikut serta hadir dan aktif dalam pelaksanaan rakor

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) sebagai persiapan pengawasan pada tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih dalam rangka Pemilihan tahun 2024. Rakor yang berlangsung di Kantor Bawaslu Kabupaten Mojokerto menghadirkan seluruh jajaran Bawaslu tingkat Kab/Kota guna memastikan kelancaran proses pemilihan pada Tahapan Coklit (Jum’at,21/06/2024).

Rakor ini membahas metode pengawasan yang akan diterapkan, diantaranya adalah pengawasan langsung terkait kepatuhan prosedur pantauan terhadap pelaksanaan coklit. "Kami akan melaksanakan dua jenis pengawasan utama, yaitu pengawasan langsung terhadap prosedur pencocokan data pemilih di lapangan serta uji petik terhadap sampel pemilih yang telah dicoklit," ungkap Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Timur, Eka Rahmawati.

Selain itu, dalam rakor ini juga disepakati untuk segera melakukan pendistribusian Alat Kerja Pengawasan (AKP) kepada jajaran Adhoc. "Pendistribusian AKP diharapkan akan dilakukan tepat waktu guna memastikan setiap pengawas memiliki pemahaman yang baik terhadap tugasnya," tambah Eka Rahmawati.

Setiap kegiatan pengawasan yang dilakukan wajib terdokumentasi dengan baik dalam Form A, dimana penomoran Form ini mengikuti tata kearsipan yang telah ditetapkan. "Penggunaan Form A sebagai dokumen pengawasan merupakan langkah penting untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas setiap proses pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu," jelas Eka .

Rakor ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengawasan terhadap proses pencocokan dan penelitian data pemilih menjelang Pemilu 2024. Bawaslu Provinsi Jawa Timur berkomitmen untuk menjaga integritas dan keadilan dalam setiap tahapan pemilihan demi terciptanya proses demokrasi yang berkualitas dan akuntabel.

Penulis : Imam

Foto & Editor : Humas

Tag
#bawaslu #bawaslujatim #bawaslukotabatu #kotabatu #ayoawasi #cegah #awasi #tindak