Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Batu Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilihan Melalui "Colour Fun Run : Ran Over to Supervise 2024 Regional Election: No Money Politics, No Black Campaign, No Hoax, & No SARA”

cak kordiv

Batu - Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengawasan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 yang bersih dan jujur, Badan Pengawas Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 (Bawaslu) Kota Batu mengadakan kegiatan sosialisasi dengan konsep inovatif berupa Colour Fun Run bertajuk “Ran Over to Supervise 2024 Regional Election: No Money Politics, No Black Campaign, No Hoax, No SARA.” Kegiatan yang berlangsung meriah ini digelar dengan tujuan untuk mengajak masyarakat Kota Batu, khususnya kalangan muda, berperan aktif dalam menjaga integritas pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024 (08/09/2024). 

Kegiatan ini berhasil menarik lebih dari 1000 peserta yang berasal dari berbagai kalangan, termasuk pecinta olahraga, warga Kota Batu dan warga Malang Raya yang antusias untuk ikut serta dalam acara ini. Para peserta berlari santai sejauh 5 Km. Fun run ini sekaligus menjadi sarana bagi Bawaslu untuk menanamkan pesan bahwa pengawasan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 bukan hanya tugas Bawaslu, tetapi tanggung jawab bersama seluruh masyarakat. 

Ketua Bawaslu Jawa Timur A. Warits, S.Sos dan Rusmifahrizal Rustam anggota Bawaslu Jawa Timur turut hadir untuk mendukung acara ini. Kehadiran Ketua KPU Kota Batu, Sekretaris Daerah Kota Batu, Kapolres Kota Batu, Komandan Kodim Kota Batu, para camat sekota Batu, dan jajaran Stakeholder menambah khidmat kegiatan. Selain itu, para pejabat daerah yang hadir turut menyampaikan apresiasi atas inisiatif Bawaslu Kota Batu dalam menyosialisasikan pesan No Money Politics, No Black Campaign, No Hoax, dan No SARA yang menjadi isu krusial dalam setiap Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

cak kordivv

Dalam sambutannya, Yogi Eka Chalid, S.Sos., Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas, dan Humas Bawaslu Kota Batu, mengajak masyarakat untuk turut aktif mengawasi seluruh tahapan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024. Yogi menekankan pentingnya penolakan terhadap politik uang, berhati-hati terhadap Black Campaign, serta kewaspadaan terhadap berita bohong atau hoaks yang marak terjadi di masa Pemilihan Kepala Daerah. "Tidak hanya itu, kami juga mengajak masyarakat untuk tidak terlibat dalam politik SARA yang dapat memecah belah kesatuan bangsa," tegasnya di hadapan ribuan peserta yang hadir dengan antusias.

Dalam Sambutan dan Pembukaan Acara dari Ketua Bawaslu Kota Batu, Supriyanto, S.Pd, menekankan pentingnya sinergi antar penyelenggara, aparat keamanan, dan masyarakat dalam mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 yang bersih dan transparan. "Melalui kegiatan ini, kami ingin mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tidak hanya berpartisipasi dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024, tetapi juga secara aktif mengawasi setiap tahapan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 agar tidak ada praktik kecurangan seperti politik uang, kampanye hitam, hoaks, dan isu SARA yang dapat merusak proses demokrasi," ujar Supriyanto. 

Supriyanto juga menyampaikan pentingnya semangat pengawasan dalam setiap tahapan pemilihan. Ia juga mengajak masyarakat Kota Batu untuk Mengawasi dan memanfaatkan hak pilih mereka pada 27 November 2024 dengan bijaksana. "Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 bukan hanya sekadar memilih pemimpin, tetapi juga bentuk tanggung jawab kita dalam menjaga demokrasi yang sehat dan adil," ujarnya Acara Colour Fun Run ini diharapkan mampu menjadi momentum untuk memperkuat komitmen bersama dalam menyongsong Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Batu 2024 yang jujur dan adil. 

Bawaslu Kota Batu berkomitmen untuk terus menggalakkan sosialisasi pengawasan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 di berbagai forum dan kegiatan yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Kegiatan ini juga menjadi bukti nyata bahwa Bawaslu Kota Batu tidak hanya fokus pada pengawasan tahapan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 secara formal, tetapi juga melakukan pendekatan kreatif dan partisipatif dalam merangkul masyarakat. Dengan begitu, pesan-pesan penting terkait pengawasan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 dapat tersampaikan dengan lebih efektif dan menyenangkan.

Penulis : Imam
Editor : Humas