Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Batu Gelar Rapat Evaluasi Sub Tahapan Pencocokan dan Penelitian serta Persiapan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Tahun 2024

Rapat Evaluasi

Batu – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Batu mengadakan rapat evaluasi untuk meninjau pelaksanaan sub tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) serta mempersiapkan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk pemilihan tahun 2024. Rapat tersebut dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kota Batu Supriyanto, S.Pd, Anggota Bawaslu jajaran komisioner dan seluruh panitia pengawas kecamatan (24/07/2024).

Selama rapat, masing-masing panitia pengawas kecamatan memaparkan hasil pengawasan coklit serta Patroli Kawal Hak Pilih yang telah dilakukan, termasuk kendala yang ditemukan seperti data pemilih yang tidak akurat, dan pemilih yang tidak ditemukan. Berbagai masukan dan rekomendasi juga disampaikan untuk meningkatkan kualitas data pemilih.

Rapat ini juga membahas langkah-langkah persiapan penetapan DPS. Bawaslu Kota Batu menekankan pentingnya verifikasi ulang dan koordinasi yang intensif dengan pihak terkait untuk memastikan bahwa seluruh pemilih yang memenuhi syarat telah terdaftar dengan benar.

Rapat Evaluasi

Anggota Bawaslu Kota Batu Yogi Eka Chalid Farobi, S.Sos dalam sambutannya menekankan pentingnya Pengawasan tahapan coklit sebagai dasar yang kuat untuk memastikan validitas data pemilih. “Pengawasan Tahapan pencocokan dan penelitian adalah fondasi utama yang menentukan akurasi daftar pemilih. Evaluasi ini penting untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dan mencari solusi agar DPS yang akan ditetapkan benar-benar mencerminkan kondisi di lapangan,” ujarnya.

Salah satu poin penting dalam rapat ini adalah peningkatan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya partisipasi dalam Pengawasan tahapan coklit. Bawaslu Kota Batu berencana untuk menggencarkan kampanye #PoskoKawalHakPilih melalui berbagai media untuk memastikan bahwa seluruh warga Kota Batu memahami prosedur dan pentingnya pencocokan dan penelitian data pemilih.

Dengan digelarnya rapat evaluasi ini, Bawaslu Kota Batu berharap dapat memperbaiki kekurangan yang ada dan mempersiapkan Pengawasan penetapan DPS dengan lebih matang. “Kami berkomitmen untuk terus mengawal dan memastikan setiap tahapan Pemilihan berjalan dengan baik, transparan, dan akuntabel demi terciptanya Pemilihan yang berkualitas,” tutup Ketua  Bawaslu Kota Batu Supriyanto, S.Pd.

Penulis : Imam

Editor : Humas