Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Batu, Berkomitmen menjadi Lembaga yang Informatif

Banyuwangi menjadi tempat yang bersejarah bagi transformasi kelembagaan Bawaslu Kab/Kota se Jawa Timur. Pasalnya, Ketua dan anggota yang bertugas sebagai Penanggung Jawab (PJ) Kehumasan beserta masing-masing staf meneguhkan komitmen bersama untuk mewujudkan Bawaslu Kabupaten/kota sebagai institusi publik yang informatif. Penegasan komitmen tersebut dilaksanakan di El Royal Hotel Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi, dalam agenda Rapat Koordinasi Penyusunan Daftar Informasi Publik (DIP) bagi Bawaslu Kabupaten/Kota yang diselenggarakan oleh Divisi Hubungan Masyarakat (Humas) dan Hubungan Antar Lembaga (Hubal) Bawaslu Provinsi Jawa Timur. Keaktifan dalam pengelolaan website dan penciptaan infrastruktur PPID menjadi pekerjaan rumah yang harus dituntaskan secepatnya, mengingat keterbukaan informasi mensyaratkan kedua hal pokok tersebut.

Rapat Koordinasi Penyusunan DIP yang digelar di Bumi Blambangan ini, merupakan tindak lanjut dari Rapat Pembentukan PPID pada akhir 2019 silam. Pada rapat sebelumnya, output yang dicapai adalah pembuatan kanal PPID pada masing-masing Website Bawaslu Kabupaten/Kota. Dengan demikian, menyusun DIP merupakan langkah berikutnya dalam rangkaian transformasi menuju keterbukaan informasi publik di Bawaslu. Diharapkan, pada rakor ini, pengumpulan DIP, pengklasifikasian DIP berdasarkan jenis informasi publik yang meliputi: informasi berkala, informasi  serta merta, setiap saat dan dikecualikan serta pengunggahan dokumennya. Koordinator Divisi Humas dan Hubal Bawaslu Provinsi Jawa Timur, Nur Elya Anggraini, M.Si dalam arahannya mengemukakan bahwa tata kelola website dan PPID merupakan etalase bagi rumah besar Bawaslu. Oleh karena itu, keaktifan pemberitaan dalam website, kelengkapan Infrastruktur PPID menjadi prasyarat mutlak jika kita ingin diakui publik eksistensi lembaga dan kinerja Bawaslu. Perempuan yang akrab dipanggil Elly ini menambahkan, kurangi diskusi dalam menulis berita, menulis medsos, menerbitkan buletin, langsung saja lakukan lewat ngopi, cari inspirasi dan eksekusi saat itu juga. Artinya, jangan jadi angan-angan saja dan tulis serta unggah apa yang dipikiran kita. Evaluasi keaktifan berita dari website, perkembangan PID, penerbitan buletin, akan dilakukan secara berkala, tutup elly di akhir rapat.

Menyikapi hal tersebut PJ Kehumasan Bawaslu Kota Batu Yogi Eka Chalid Farobi, S.Sos mengaku siap menjalankan arahan dari kordiv Humas dan Hubal Bawaslu Provinsi Jatim perihal optimalisasi PPID dan Website. Pada prinsipnya, seluruh infrastruktur, kebijakan, SDM dan Teknologi Informasi, di intern Bawaslu Kabupaten/Kota sudah dipersiapkan secara matang. Per Januari 2020 sudah terdapat 6 Berita yang diunggah. Demikian pula, dokumen DIP sudah terupload meskipun belum lengkap. Dalam acara Rapat Koordinasi penyusunan DIP di Kota yang berjuluk the sunrise of java, hadir dari Bawaslu Kota Batu adalah Abdur Rochman ST selaku ketua, Yogi Eka Chalid Farobi Koordinator Divisi Pengawasan selaku Penanggung Jawab Kehumasan dan Hagi Grandhito, staf yang membidangi IT. (YOG)

Tag
Berita