Lompat ke isi utama

Berita

APRESIASI RUMAH DATA PERTAMA DI INDONESIA, BAWASLU PROVINSI JATIM LUNCURKAN HARI INI, A.Warits : rumah data ini kami hadiahkan untuk kemerdekaan Indonesia

Launching Rumah Data 1

Surabaya, (kotabatu.bawaslu.go.id) Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur secara resmi meluncurkan rumah data, hari Rabu (14/08/2024) di Surabaya. Peluncuran rumah data tersebut dilakukan untuk memperkuat pengawasan selama pelaksanaan Pilkada serentak 2024.

Acara yang dihadiri oleh sebanyak 4.477 peserta, berasal dari Forum Koordinasi Pimpindan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jatim, 176 orang dari Bawaslu Kabupaten/Kota, 1998 orang Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslu Kecamatan), 1998 orang Sekretariat Panwascam, wartawan dan pemantau pemilu di wilayah Provinsi Jawa Timur.

Rumah data Jatim

Ketua Bawaslu Jawa Timur, A Warits, menjelaskan saat memberikan sambutan, Rumah data Bawaslu merupakan penyimpanan data bagi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD), Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) dan Bawaslu Kabupaten/Kota se- Jawa Timur.

"Jika diikuti sejarah penerapannya, rumah data digunakan dalam Pemilu 2024 hanya untuk menyimpan Form A (formulir model A). Kemudian dikembangkan untuk menyimpan hasil pengawasan saat hari pemungutan dan penghitungan suara pemilu (presiden dan wakil presiden, dan Anggota Dewan) pada 14 Februari 2024 lalu, yang terpenting lagi peluncuran rumah data ini kami hadiahkan untuk kemerdekaan Indonesia", Ujarnya.

Sebagai tambahan informasi rumah data digunakan untuk mendokumentasikan dokumen-dokumen pengawasan penting seperti, C-Hasil, kejadian khusus, daftar hadir, dan foto KTP elektronik Daftar Pemilih Khusus yang ada di TPS.

"Saat Pemilu 2024, penggunaan rumah data mampu mengumpulkan ratusan ribu hasil pengawasan," jelasnya.

Berangkat dari berbagai pengalaman berharga tersebut, maka Bawaslu Provinsi Jawa Timur ingin meningkatkan dan mengembangkan Rumah Data dalam gelaran Pemilihan Serentak Tahun 2024.

"Rumah data kini secara fungsi akan digunakan untuk menyimpan Form A, imbauan, saran perbaikan, laporan, temuan, rekomendasi dan sengketa," tambahnya.

Dalam menutup sambutannya dijelaskan, bahwa Rumah data ini akan terkoneksi dengan website Bawaslu se Jawa Timur, sehingga publik lebih mengerti kerja pengawasan yang telah dilakukan oleh pengawas pemilu di seluruh jajaran", pungkasnya.

Hadir Ketua Bawaslu Kota Batu, Supriyanto, S.Pd disela-sela pembukaan peluncuran rumah data menyampaikan harapan kepada pengawas adhoc yang turut hadir dalam pelaksanaan kegiatan ini.

"Kedepannya seluruh hasil kerja pengawasan dapat tersimpan dan terekam dengan baik, serta pengawas pelaksana teknis dapat memahami tujuan dan cara penggunaan rumah data ini", katanya.

Penulis : Didit 

Foto : Imam & Ismail 

Editor : Humas

Tag
#bawaslu #bawaslujatim #bawaslukotabatu #kotabatu #ayoawasi #cegah #awasi #tindak