Lompat ke isi utama

Berita

ANIMO PENGAWAS TPS DI KOTA BATU ANTUSIAS


Dokumentasi Saat Wawancara di kecamatan, foto : @bawaslukotabatu

Bawaslu, Kota Batu. Guna memaksimalkan Pengawasan Pelaksanaan Pemilu yang akan dilaksanakan serentak pada tanggal 17 April 2019 mendatang diperlukan Pengawas TPS demi terwujudnya Pemilu yang berintegritas, jujur, adil dan demokratis. Maka dari itu Bawaslu Kota Batu melalui Panitia Pengawas Pemilu di tingkat kecamatan merekrut 757 Pengawas TPS yang nantinya akan bertugas di TPS setempat, maka kepada calon yang berdomisili di TPS setempat berpeluang terbuka untuk mengambil peran ini. Tenaga Pengawas ini diprioritaskan kepada mereka yang berusia 25 dan berijazah SMA, disamping itu juga harus memiliki jiwa solid dapat bekerjasama dengan rekan kerja, berintegritas, memiliki mentalitas yang kuat dan profesional dalam menjalankan tugasnya.

Setelah penerimaan dan penelitian berkas, pendaftar akan dites wawancara secara langsung pada tanggal 11-21 Februari 2019, apabila dalam pendaftaran tidak tercapai target maka akan diperpanjang selama tiga hari 25-27 Februari 2019. Tahapan berikutnya dilanjutkan dengan meminta tanggapan masyarakat pada tanggal 27 Februari – 1 Maret 2019. Dan Pengawas TPS terpilih akan diumumkan pada tanggal 8-12 Maret 2019, dan  akan dilantik/diambil sumpahnya pada tanggal 25 Maret 2019 dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis kepada Pengawas TPS tersebut.

Pendaftaran Pengawas TPS di Kota Batu yang telah di buka pada tanggal 11-21 Februari mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat sekitar. Sejak senin kemaren seluruh Panwaslu kecamatan di Batu, Junrejo dan Bumiaji menggelar pendaftaran dan menerima berkas langsung melakukan langsung wawancara.

Grafik : @bawaslukotabatu

Di ketiga kecamatan antusias warga mendatangi Kantor Panwaslu Kecamatan baik itu di Batu, Junrejo maupun Bumiaji. Dari pantauan Bawaslu Kota Batu jumlah animo per Sabtu, 16 Februari 2019, sudah mencapai 74% dari jumlah kebutuhan. Seperti disampaikan oleh Sriani Divisi SDM Kecamatan Batu, ”kami sampai saat ini terus bergerilya menyampaikan kepada masyarakat karena kebutuhan yang harus dicapai adalah 346 Pengawas dimana khusus di kecamatan Batu terdapat dua daerah Pemilihan kami cukup ekstra dalam melakukan kegiatan ini dengan menghimbau kepada Pengawas Kelurahan/Desa untuk menerima maupun melakukan jemput bola kepada masyarakat sekitar”. Kelurahan terbesar kebutuhan PTPS adalah Sisir dengan 74 dan Kelurahan Temas sebanyak 60 . “Alhamdulillah sampai Sabtu, 16 Februari 2019 ini Kecamatan Batu telah menerima 220 pendaftar. Sedangkan di Kecamatan Junrejo pelaksanaan Penerimaan pendaftaran di pusatkan di kantor kecamatan. Penerimaan, penelitian berkas dan wawancara sudah terjadwal dari hari senin, 11 Februari sampai berakhirnya masa pendaftaran. Menurut Karjono, Divisi SDM Panwaslu Kecamatan Junrejo, “ Kami menerima, meneliti berkas, menyeleksi Calon Pengawas TPS sesuai dengan arahan Bawaslu Kota Batu yang mempersyaratkan kualifikasi dan integritas calon”, maka sampai saat ini kami telah menerima sebanyak 157 dari 174 yang dibutuhkan”. Sedang Kecamatan Bumiaji wilayah yang berada di utara Kota Batu ini, telah melaksanakan instruksi penerimaan Pengawas TPS, dengan melakukan penerimaan di masing masing desa setempat. Hal ini disampaika Windra Rizkiyana Divisi SDM Panwaslu Kecamatan Bumiaji, “Kami melakukan Rekrutmen Pengawas TPS ini dengan metode jemput bola, kami datangi desa desa se Kecamatan Bumiaji mengingat wilayah geografis yang luas”, sehingga akan mempermudah bagi para peminat Pengawas TPS di Bumiaji. Sampai Sabtu, 16 Februari ini kami telah menerima, memeriksa berkas calon sebanyak 185 calon dari total 237 yang dibutuhkan”.

Ditemui terpisah, Ketua Bawaslu Kota Batu Abdur Rochman yang juga selaku Koordinator Divisi Organisasi dan SDM menyampaikan optimis target 757 Pengawas TPS akan terpenuhi untuk menyukseskan Pemilu 2019 secara berkualitas dan berintegritas, dan berharap dari sisa waktu yang ada Panwaslu Kecamatan dibantu oleh Panwaslu Kelurahan/Desa untuk lebih giat dan fokus lagi dalam pemenuhan kebutuhan tenaga Pengawas TPS di Kota Batu. [ARB]    

Tag
Berita